BERITA TERHANGAT DARI LINTAS BANGSA PAPUA BARAT ; ;

Jumat, Januari 16, 2009

KEBUDAYAAN DAN BAHASA MERUPAKAN IDENTITAS SUATU BANGSA


KEBUDAYAAN DAN BAHASA MERUPAKAN IDENTITAS SUATU BANGSA

Ditulis Watage Gobai

Dunia merupakan salah satu karia Tuhan YME, yang sangat mulia yang mana didalamnya dihuni oleh makluk hidup baik itu tumbuh-tunbuhan (tanaman), hewan, dan manusia serta daratan dan lautan yang terhampar luas diatasnya. Dari ketiga makluk hidup ini yang meiliki kesempurnaan yaitu manusia yang mana padanya diberikan alam pemikiran yang sempurna oleh Sang Pencipta dengan tujuan agar baginya yang memerintah akan segala mahluk hidup lainya yang bermukim di dataran bumi itu.

Manusia yang diciptakan-Nya pun mamiliki beberapa ciri khas yang berbeda-beda pula. Secara garis besar perbedaan tersebut terdapat pada warna kulit atau yang disebut Ras, Budaya, dan Bahasa.


Ras adalah suku bangsa/kaum golongan/warna kulit dari orang (manusia) yang berfungsi sebagai alat yang dapat membedakan antara orang satu dan orang lain. Budaya adalah hasil ciptaan dan karya manusia yang bersifat keindahan peradaban. Bahasa adalah sistim lambing bunyi yang arbiter, yang biasanya digunakan oleh para anggota suatu masyarakat untuk bekerja sama, berinteraksi, dan mengidentifikasikan diri. Di dunia ada beberapa ras yang di hitung secara garis besar yaitu; ras mogoloid, negroit, kaukosoit, yang berada diatas permukaan bumi ini, dan didalamnya terdapat berribu-ribu suku bangsa, budaya, dan bahasa yang sangat beranekaragam.Melalui ketiga unsur diatas ini yaitu Ras,Budaya, dan Bahasa merupakan alat yang dapat berfungsi untuk membedakan satu orang dengan orang lain sehingga ketiganya bersifat era dan tidak dapat dipisahkan. Sehingga orang aborigin di Australia, orang Indian di Amerika, orang madura jawa batak minangkabau di Indonesia, orang mandarin di kawasan asia, orang malanesia dikawasan timur yaitu papua, ambon, timor, Solomon, Vanuatu akan menyatakan dirinya masing-masing adalah orang asli disitu dan mempunyai budaya, bahasa yang sama maka dari situlah akan tampak identitas diri seseorang dan dari mana ia berasal. Contohnya papua;

Papua merupakan suatu daerah yang amat luas daratanya dibanding lautan, apabila dibandingkan dengan pulau jawa maka 4 kali lebarnya pulau jawa, didalamnya terdapat 312 suku yang bermukim di daratan tersebut. Secara topografi suku-suku di daerah papua tersebut terbagi dalam dua wilayah besar yaitu suku-suku di pesisir atau yang sering disebut pantai, dan suku-suku pingiran lereng pengunugan atau yang sering disebut pedalaman. Dari keseluruhan suku-suku yang telah disebutkan diatas memiliki karakter dan pola kehidupan serta cara berkomunikasi yang berbeda-beda antara satu sama lainnya. Namun mereka memiliki rasa persaudaraan yang amat tinggi diantara suku satu dengan suku lainya, yang telah berlangsung sejak dahulu kala, sejak tete moyang kita, hingga kita anak-anaknya sekarang ini, dengan berakarnya rasa papuanisme yang sangat tinggi membuat persaudaraan tadi semakin erat adanya.


0 komentar:

Template by : YOSEP GOBAI komunitas-paniai.blogspot.com