BERITA TERHANGAT DARI LINTAS BANGSA PAPUA BARAT ; ;

Sabtu, Februari 07, 2009

Pengacara Bucthar Konfirmasi Kalapas

Jayapura (PAPOS) –Setelah bertemu Kapolda Papua Irje Pol Bagus Ekodanto, tim Pengacara Bucthar Tabuni dan beberapa LSM, kembali bertemu dengan Kalapas Klas II A Abepura, Jumat (6/1) kemarin. Kalapas Klas II Abepura Anthonius Ayorbaba SH M.Si, saat dikonfirmasikan Papua Pos di ruang kerjanya, Jumat (6/1) kemarin, membenarkan pihaknya baru saja

menerima kunjungan tim Pengacara Bucthar Tabuni dan beberapa LSM.

Pertemuan sekitar setengah jam itu terkait pemindahan tahanan politik Bucthar Tabuni dan lima Nara Pidana Politik lainnya ke tahanan Polda Papua.”Hanya sebatas koordinasi saja,”katanya usai pertemuan.

Tidak banyak yang dapat dikorek keterangan dari Kalapas mengenai santernya isu bahwa Bucthar Tabuni akan dipindahkan ke luar.”Issu itu, tidak jelas. Bucthar mau dipindahkan ke luar kemana, oleh siapa, dan tidak tahu siapa yang menyebarkan issu tersebut,”tegas Anthonius.

Namun jelas selaku Kalapas dirinya tidak punya kewenangan untuk pemindahkan apakah itu tahanan ataupun nara pidana ke luar.” Saya tidak punya kewenangan untuk itu,”tandas Kalapas.

Ketua Tim kuasa hukum kasus makar Bucthar Tabuni dan Sebi Sembom Piter Ell SH yang dihubungi Papua Pos tadi malam (6/1) menjelaskan, pertemuan pihaknya dengan Kalapas untuk mengetahui duduk permasalahan sebenarnya pemindahan tahanan Bucthar Tabuni ke Polda Papua.

“Kami menanyakan alasan pemindahan,”kata Piter Ell melalui telepon selulernya.

Pemindahan tahanan Bucthar ke tahanan di Mapolda membuat Piter Ell merasa kuatir. Soalnya semasa masih menjadi tahanan penyidikan Bucthar mendapat perlakuan yang tidak menyenaknya.

Selain itu, ada isu bahwa Bucthar akan di bawa ke luar. “Alasan selama ini tidak jelas, jadi kami konfimasi,”ujar Piter Ell.

0 komentar:

Template by : YOSEP GOBAI komunitas-paniai.blogspot.com